DWI KARYA > News > Pengecoran Logam Dengan Cetakan Pasir
News

Pengecoran Logam Dengan Cetakan Pasir

4

TEKNIK PENGECORAN DENGAN CETAKAN PASIR

Cetakan pasir merupakan cetakan yang paling banyak digunakan, karena memiliki keunggulan :

  1. Dapat mencetak logam dengan titik lebur yang tinggi, seperti baja, nikel dan titanium;
  2. Dapat mencetak benda cor dari ukuran kecil sampai dengan ukuran besar;
  3. Jumlah produksi dari satu sampai jutaan.

Tahapan yang lebih umum tentang pengecoran cetakan pasir diperlihatkan dalam gambaran dibawah ini.

  1. Pasir

Kebanyakan pasir yang digunakan dalam pengecoran adalah pasir silika (SiO2). Pasir merupakan produk dari hancurnya batu-batuan dalam jangka waktu lama. Alasan pemakaian pasir sebagai bahan cetakan adalah karena murah dan ketahanannya terhadap temperatur tinggi. Ada dua jenis pasir yang umum digunakan yaitu naturally bonded (banks sands) dan synthetic (lake sands). Karena komposisinya mudah diatur, pasir sinetik lebih disukai oleh banyak industri pengecoran.

Pemilihan jenis pasir untuk cetakan melibatkan bebrapa faktor penting seperti bentuk dan ukuran pasir. Sebagai contoh , pasir halus dan bulat akan menghasilkan permukaan produk yang mulus/halus. Untuk membuat pasir cetak selain dibutuhkan pasir juga pengikat (bentonit atau clay/lempung) dan air. Ketiga Bahan tersebut diaduk dengan komposisi tertentu dan siap dipakai sebagi bahan pembuat cetakan.

  1. Jenis Cetakan Pasir

Klarifikasi Cetakan Pasir :

  • Cetakan pasir basah.
  • Cetakan pasir kering.
  • Cetakan kulit kering.

Cetakan pasir basah merupakan cetakan yang banyak digunakan dan paling murah. Kata “basah” dalam cetakan pasir basah berati pasir cetak itu masih cukup mengandung air atau lembab ketika logam cair dituangkan ke cetakan itu. Istilah lain dalam cetakan pasir adalah skin dried. Cetakan ini sebelum dituangkan logam cair terlebih dahulu permukaan dalam cetakan dipanaskan atau dikeringkan. Karena itu kekuatan cetakan ini meningkat dan mampu untuk diterapkan pada pengecoran produk-produk yang besar, dibuat dari campuran pasir, lempung, dan air.

Cetakan pasir basah juga banyak digunakan untuk besi tuang, paduan logam tembaga dan aluminium yang beratnya relatif kecil (maksimum 100 kg).

Keunggulan :

  • Memiliki kolapsibilitas yang baik.
  • Permeabilitas baik.
  • Reusabilitas yang baik, dan

Kelemahan :

  • Uap lembab dalam pasir dapat menyebabkan kerusakan pada berberapa coran, tergantung pada logam dan geometri coran.
Welcome

hmmPerusahaan DWI KARYA  adalah salah satu perusahaan pengecoran logam yang terletak di Batur, Ceper, Klaten, Jawa Tengah. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1993 sehingga cukup berpengalaman di bidang casting baik ferro maupun non ferro. Mitra kerja kami adalah perusahaan-perusahaan dengan produk-produk yang dikenal luas. Kami  memasok kebutuhan Hopper (Tangki air pendingin) untuk mesin diesel merk KUBOTA. Kami  sebagai supplier utama untuk kebutuhan furniture casting dari PT WISANKA perusahaan eksportir mebel yang cukup besar.

Contact Us

Alamat :
Batur 001/005, Tegalrejo, Ceper, Klaten, Jawa Tengah

 

Contact Person :

Darsono
085229470000
085600470000

 

Telepon :
(0272) 554070

 

WhatApp :
085600470000

 

BB PIN :
541F4D89

 

Email :
dwikaryalogam.ceper@gmail.com

Maps